Walikota Tebing Minta Pengusaha Berikan Keterangan Jujur Pada Sensus Ekonomi

0
578
_20170801_181025

BuktiPers.Com – Tebing Tinggi (Sumut)

Kepada camat dan lurah se kota Tebing Tinggi agar membantu petugas dari kantor sensus yang melaksanakan Sensus Ekonomi yang berlangsung mulai 3 Agustus sampai 31 September, himbau para pengusaha agar memberikan keterangan yang jujur kepada para petugas, dan jangan berbohong.

Demikian disampaikan Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan, Selasa (1/8/2017) saat menerima laporan dari Kepala Kantor Statistik Tebing Tinggi Ny. Marise Simamora di ruang kerjanya Rumah Dinas Walikota Jl. Sutomo didampingi Kabag Humas Bambang Sudaryono.

Kepala Kantor Statistik Marise Simamora bersama staf yang melaporkan sekaligus menyampaikan ucapan ulang tahun kepada Walikota dengan membawa kue tar, menyatakan sensus ekonomi mulai 3 Agustus sampai 31 september 2017 terhadap 17.044 Pengusaha yang terdaftar di Kota Tebing Tinggi.

“Untuk suksesnya Sensus ini mohon arahan dan dukungan dari Pemerintah Kota Tebing Tinggi khususnya Walikota, kami berharap camat, lurah dan instansi terkait ikut mendukung program sensus ekonomi ini,” pinta Ny. Marise Simamora.

Disampaikan Ny. Marise Simamora dari hasil SE 2016 di Tebing Tinggi ada 17.044 usaha/perusahaan yang dikelompokan dalam 15 katagori lapangan usaha, dan jumlah ini meningkat 20,83 % dibanding tahun 2015 dan 16.815 (98,66%) berskala usaha kecil Usaha Mikro Kecil (UMK) dan 229 (1,34%) Usaha Menengah Besar (UMB).

Sementara jumlah tenaga kerja menurut lapangan usaha, sejalan dengan jumlah usaha/perusahaan didominasi lapangan usaha perdagangan besar dan eceran sebanyak 14.787 tenaga kerja 34,74 % dari tenaga kerja yang ada di Tebing Tinggi, lapornya kepada Walikota.

Walikota H.Umar Zunaidi Hasibuan, selain minta Camat dan Lurah membantu petugas sensus, juga membantu menjelaskan kepada pengusaha bahwa sensus ini bukanlah pajak, yang disensus diantaranya pendapatan, tenaga kerja dan hasil produknya.

Sensus ini sangat penting buat Pemerintah Kota Tebing Tinggi, terlebih kita memperoleh predikat sebagai Kota TPID Berprestasi di Sumatera, sensus ekonomi ini erat sekali kaitannya dengan kebijakan Pemerintah Kota Tebing Tinggi dalam menekan laju implasi dan pertumbuhan ekonomi di Tebing Tinggi.

Dengan adanya Sensus Ekonomi yang diperoleh datanya lebih akurat, akan lebih mempermudah Pemerintah Kota mengambil langkah-langkah kebijakan untuk pertumbuhan ekonomi demi perbaikan dan peningkatan perekonomian masyarakat Tebing Tinggi, ujarnya.

Walikota berharap Instansi terjkait, Camat dan lurah agar membantu petugas Sensus di lapangan, dan kepada para pengusaha agar mengisi formulir yang disiapkan petugas secara jujur dan benar, tidak perlu takut ada apa-apanya ini semua untuk kepentingan bersama, jelas Umar. (Hor/Red)