Warga, Babinsa dan Aparat Desa Temukan Kejanggalan Terbakarnya Rumah Bendahara BUMDes Lumut Maju

0
479
Surat - surat penting yang ditemukan dari rumah orang tua korban. (Foto/Job Purba)
Dijual Rumah

Buktipers.com- Tapteng (Sumut)

Kejadian yang menimpa warga Desa Lumut Maju, yakni bendahara BUMDes, A Bate’e (25), yang tinggal di Dusun 1 Sihabolasan, pada bulan Januari 2019 lalu, masih menjadi pertanyaan bagi warga seempat.

Sejumlah aparat desa, maupun warga sekitar masih terus menggali fakta, peyebab terbakarnya rumah milik Bendahara Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lumut Maju, Kecamatan Lumut, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), hingga saat ini.

Pada awak media, warga dan aparat desa di wilayah ini, menceritakan, kalau pada Minggu (30/6/2019) sore lalu, pukul 15.00 WIB, mereka mendatangi kediaman orangtua BUMDes tersebut.

Bersama Babinsa dari Koramil Pinangsori, beserta aparat desa, warga ini sengaja datang untuk menggeledah kediaman BumDes tersebut. Dan ternyata hasilnya cukup mencengangkan.

“Kita bersama aparat desa, petugas babinsa dari Koramil Pinangsori ke rumah dia (Bendahara BUMDes). Dan kita menggeledah rumah orangtuanya, ternyata banyak yang kita curigai,” tutur T Zebua.

Dia mengaku kalau temuan mereka banyak, seperti surat – surat penting  yang tadinya dilaporkan terbakar, ternyata masih utuh dan masih disimpan bagus.

Buku tabungan BRI yang ditemukan dari rumah orang tua korban. (Foto/Job Purba)

“Banyak kita temukan dalam pemeriksaan itu, seprti baju – baju lama. Tadinya dilaporkan baju – baju mereka hangus terbakar semua dan hanya tinggal yang di bandannya. Terus surat – surat penting, seperti akte nikah, kartu keluarga dan KTP suami istri, semua dibilang terbakar kemarin, ternyata ada semua. Makanya keterangan bendahara kemarin itu, kita ragukan pas kejadian kebakaran itu,”bebernya.

Baca Juga : Kebakaran di Desa Lumut Maju, Warga Menduga Uang Tidak Terbakar tapi ‘Diselamatkan’

Zebua juga menyebutkan, mereka juga menemukan buku tabungan BRI atas nama dirinya  dan buku tabungan itu terbit sesudah kebakaran itu.

“Ada juga buku tabungan BRI,”katanya singkat.

T Ndaha, saksi pada saat kejadian, mengatakan, kebakaran tersebut menghanguskan semua rumah dan seisinya, termasuk uang BumDes tersebut.

“Iya, pada saat itu semua terbakar, rumah dan seisi serta barang – barangnya terbakar,”ucap Ndraha.

 

(Job Purba)