Warga Sesalkan Pelayanan Dinas Sosial Labuhanbatu

0
34
Ucok menceritakan kejadian yang dialaminya, ketika dia ingin mengurus Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu.
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Birokrasi merupakan pelayan untuk masyarakat, namun dalam realitasnya, justru mempersulit masyarakat. Seperti yang dialami oleh warga, pada Senin (23/11/2020) pagi tadi.

Ucok menceritakan kejadian yang dialaminya, ketika dia ingin mengurus Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu.

“Jadi pas hari Rabu (18/11/2020) siang, saya mau mengurus soal  BPJS dan KIS.  Tapi disini tanggapan dari salah satu birokrasi di Dinas Sosial, justru malah mengatakan, bu Kabid pergi ke Bali, besok aja  datang.

Bahkan, tiga hari berturut – turut saya datang, tidak ada juga yang bisa dijumpai di ruang Kabid Fakir dan Miskin , malah diarahkan hari Senin datang. Tapi hari ini saya datang (Senin), makin parah satu orang pun di ruang Kabid Fakir dan Miskin di Dinas Sosial, tidak ada nampak satu pun ASN maupun tenaga honorer, berada di ruangan. Gimana ya, ga jelas juga lah, bagus tutup aja kantor ini,”ucap beberapa orang warga, kepada wartawan, Senin (23/11/20) pagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu, Zainuddin Harahap mengatakan, bahwa staf di ruangan Kabid Penanganan Fakir Miskin, sedang ada tugas di luar.

“Mereka lagi ada tugas di luar, dan saya lagi di dewan,” ucapnya saat dikonfirmasi, pada Senin (23/11/2020), melalui via seluler.

Disisi lain, hingga lebih pukul 11:00 WIB, terlihat tidak ada satu pun staf yang berada di ruangan tersebut, sehingga masyarakat merasa jenuh karena sudah 3 hari menunggu dan selalu kecewa.

Sementara itu, mengenai pintu masuk ruangan Kasubag  Umum di Dinas Sosial, terlihat sudah rusak dan dinilai dapat mencelakai pegawai yang keluar masuk, pintu tersebut.

“Kalau pintu ini sudah hampir 2 bulan seperti ini aja, gak ada perbaikan bang, “ucap ASN di Dinas Sosial yang tak ingin disebutkan namanya.

Warga berharap pelayanan birokrasi harus menjadi pelayan seutuhnya buat masyarakat, Dinas Sosial merupakan naungan bagi masyarakat, seharusnya bisa bekerja dengan baik dan setulus hati.

 

(Syafii Harahap)