Warga Siborong-Borong Temukan Mortir Sisa Perang Dunia II

0
7
Personel Detasemen Gegana Polda Sumut saat mensteriliasi lokasi penemuan bahan peledak sisa perang dunia II di Dusun Lumban Pea, Tapanuli Utara. (Foto: istimewa)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Warga Dusun Lumban Pea, Siborong-borong, Tapanuli Utara dihebohkan dengan penemuan sebuah bahan peledak jenis mortir. Bahan peledak yang diduga peninggalan perang dunia II tersebut ditemukan tertanam di salah satu perkebunan warga di Dusun Lumba Pea.

Kasubden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut, AKP Daud Pelawi saat dikonfirmasi membenarkan penemuan bom tesebut.

Dia mengatakan bom tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang warga bernama Syamsir Hutasoit (33), Minggu (1/11/2020).

Syamsir sebelum sedang mencangkul di ladang miliknya untuk persiapan memasuki musim tanam. Saat bekerja, cangkul yang digunakannya tersangkut besi panjang yang meyerupai ubi kayu. “Saksi kemudian mengambil besi tersebut dan membawa pulang ke rumahnya. Mortir tersebut diletakkan di belakang rumahnya,” kata Daud, Selasa (3/11/2020).

Selanjutnya, Syamsir melaporkan temuan tersebut kepada personel kepolisian setempat dan diteruskan ke Sat Brimob Polda Sumut.

Mendapatkan laporan, Sat Brimob Polda Sumut kemudian menurukan tim jibom ke lokasi untuk melakukan sterilisasi.

“Kami sudah mengamankan lokasi serta melakukan disposal,” ucapnya. Daud menambahkan, pendisposalan dilakukan pada pukul 13.00 WIB yang berlokasi tak jauh dari lokasi penemuan mortir.

 

Sumber : iNews.id