Beranda Nasional WASPADA, Ada 4 Wilayah di Sumut Masuk Zona Merah Covid-19, Pulau Nias...

WASPADA, Ada 4 Wilayah di Sumut Masuk Zona Merah Covid-19, Pulau Nias Masih Nol Kasus

47
0
Ilustrasi sampel virus corona. (Foto: AFP)

Medan, buktipers.com – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 untuk wilayah Provinsi Sumatera Utara, masih menunjukkan tren peningkatan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Provinsi Sumatera Utara per hari Jumat (22/5/2020) sore, jumlah pasien positif Covid-19 di Sumut kembali bertambah 12 menjadi total 285 orang.

Dari 285 kasus positif tersebut, sebagian besar berada di wilayah yang masuk zona merah penyebaran covid-19.

Berdasarkan peta sebaran kasus positif Corona di Sumut, ada empat dari 33 Kabupaten/Kota yang saat ini masuk dalam zona merah (red zone).

Keempatnya adalah Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, Kota Pematangsiantar, serta Kabupaten Simalungun.

Empat daerah tersebut berstatus zona merah karena sudah terdapat lebih dari 5 kasus positif Corona virus disease (covid).

Baca Juga!  Sebaran 14.749 Kasus Positif Corona di 34 Provinsi Per 12 Mei

Untuk kota Medan, berdasarkan data tercatat ada sebanyak 197 kasus positif, 126 PDP, sembuh 64 orang dan 18 korban meninggal.

Sedangkan di Deliserdang tercatat kasus positif 35 orang, 24 PDP, sembuh 8 orang dan 6 korban meninggal.

Selanjutnya, untuk wilayah Pematangsiantar tercatat sebanyak 15 kasus positif, 7 PDP, 3 dinyatakan sembuh dan 2 orang korban meninggal.

Sedangkan di Kabupaten Simalungun tercatat sebanyak 12 kasus positif, 7 PDP dan 3 pasien sembuh.

Sementara itu, ada sebanyak 13 kabupaten/kota di Sumut yang masih masuk kategori zona kuning.

Sedangkan 16 kabupaten/kota lainnya berstatus zona hijau di mana belum terdapat kasus positif covid-19.

Wilayah-wilayah yang masih masuk zona hijau didominasi kabupaten/kota yang berada dibagian barat dan selatan di antaranya pulau Nias yang mencakup Kabupaten Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, dan Kota Gunung Sitoli.

Baca Juga!  Kapolres Madina Beberkan Penemuan 5 Hektare Ladang Ganja hingga Akhirnya Dimusnahkan

Jubir GTPP Sumut dr Aris Yudhariansyah memaparkan selain peningkatan jumlah pasien positif, angka kesembuhan juga meningkat.

“Update data covid-19 di Provinsi Sumatera Utara pasien sembuh berjumlah 102 orang, meningkat tajam. Dan pasien positif metode PCR berjumlah 285 orang,” ungkapnya saat dikonfirmasi Tribun, Jumat.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) per hari Jumat mengalami penurunan sejumlah 8 pasien dari hari sebelumnya, menjadi 185 pasien.

Sementara ODP berjumlah 433 orang.

Dengan kondisi saat ini, Aris kembali mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan mencuci tangan serta melakukan physical distancing.

Hal ini penting untuk memutusa rantau penyebaran, apalagi dapat kita lihat bahwa gambaran kabupaten/kota yang terdampak juga semakin luas.

Baca Juga!  Truk Pengangkut Bahan Kimia Masuk Jurang di Sumbul Karo Dairi

“Kalau kita perhatikan, ada 1 hingga 2 kabupaten/kota yang masih menunjukkan tren dengan penambahan semakin tinggi. Kita harus melihat bahwa kontak dengan kasus positif tanpa gejala masih tetap terjadi. Oleh karena itu, mari bersama-sama kita kembali mengingat tentang bagaimana dan cara mencegah,” pungkasnya.

 

Sumber : tribunnews.com

 

Loading...