WNA Kru Pesawat Asal Inggris Positif COVID Saat Mau Berangkat dari Kualanamu

0
1
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Datuk/detikcom)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Seorang warga negara asing (WNA) yang merupakan kru pesawat kargo asal Inggris positif Corona (COVID-19) dan dirawat di salah satu RS di Medan. Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan pihaknya masih menunggu apakah WNA itu terinfeksi varian Omicron atau tidak.

“Kami sampaikan betul warga negara Inggris. Pasien positif COVID-19 yang tadi ada isunya diduga Omicron, namun di sini kami sampaikan kami masih menunggu hasil. Hasil dari PCR sudah dikirim ke Balitbangkes yang ada di Jakarta, kami masih menunggu untuk konfirmasi varian apa warga negara Inggris ini terjangkit positif COVID,” kata Bobby kepada wartawan, Rabu (5/1/2022).

Dia mengatakan isu soal WNA itu terinfeksi varian Omicron muncul karena asal negara pasien tersebut. Meski demikian, Bobby belum bisa memastikan soal varian yang menginfeksi WNA tersebut.

“Mungkin salah satu isunya kenapa di bilang Omicron mungkin karena negara asal tujuan dari pasien ini dari negara yang lagi berkembang kasus Omicron. Namun belum bisa kita pastikan varian apa yang ada di pasien tersebut,” ujar Bobby.

Dia mengatakan WNA itu merupakan kru pesawat, bukan sedang berwisata. Dia menyebut pesawat kargo tersebut sebenarnya menuju Singapura.

“Ini bukan perjalanan wisata, ini dia sebagai kru pesawat dari pesawat kargo, yang terbang dari Inggris ke Belgia. Belgia menuju Singapore namun around di Kualanamu satu malam, sempat menginap di Hotel Horison, namun karena surat PCR-nya kedaluwarsa, diharuskan PCR ulang untuk terbang meninggalkan Indonesia,” sebut Bobby.

“Ketika di-swab PCR hasilnya positif. Karena warga negara Inggris, langsung dikirim ke Balitbangkes untuk melihat varian apa,” tambah Bobby.

Bobby mengatakan kru pesawat lain telah meninggalkan Kualanamu. Dia menyebut cuma satu orang yang dirawat karena positif Corona.

“Apabila terkonfirmasi Omicron walaupun sudah negatif, nanti akan tetap kita isolasi selama 10 hari,” ucap Bobby.

Bobby mengatakan pria tersebut tidak mengalami gejala apa pun. Bobby mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Deli Serdang agar segera dilakukan pelacakan.

“Kontak eratnya tentunya yang paling bisa kita lihat adalah, karena ini kru pesawat, tentu kontaknya sesama kru, namun krunya sudah di PCR ulang dan ini yang positif dan kru lainnya sudah terbang lagi,” ujar Bobby.

 

Sumber : detik.com