Wujudkan Kamseltibcarlantas, Sat Lantas Polres Malra Gelar Patroli Pasima

0
179
Sat Lantas Polres Maluku Tenggara (Malra) gencar melaksanakan patroli Pagi, Siang dan Malam (Pasima).
Dijual Rumah

Maluku Tenggara, buktipers.com – Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Maluku Tenggara (Malra) gencar melaksanakan patroli Pagi, Siang dan Malam (Pasima).

Patroli pasima ini, dimaksudkan untuk mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalulintas (Kamseltibcarlantas), di wilayah Kota Tual dan Maluku Tenggara.

Hal ini disampaikan Kasat Lantas Polres Malra, Iptu J. Paulus, melalui sambungan telpon whatsapp, Selasa sore (23/6/2020), sekitar pukul 18:30 WIT.

Paulus menjelaskan, setiap harinya, personil Satlantas yang bertugas, pada unit  Turjawali, rutin melaksanakan kegiatan Patroli Pasima, sambil melaksanakan penertiban kepada penggunaka jalan yang belum tertib dalam berlalulintas.

“Pantauan kami di lapangan, bahwa yang dominan melakukan pelanggaran lalulintas adalah pengendara sepeda motor,”kata Paulus.

Ia menerangkan, pelanggaran yang sering kali ditemui di lapangan saat menjalankan tugas, tidak lain pelanggaran keselamatan, yaitu tidak menggunakn hel standar saat berkendara baik pengendara maupun penumpang.

Juga terdapat pelanggaran lain, berupa penggunaan knalpot racing pada sepeda motor yang dapat menjmbulkan kebisingan, katanya.

Terkait dengan sanksi, kata Paulu, pelanggaran helm hanya diberikan teguran dengan cara mengambil kelebihan helm dari pengendara lain dan kemudian memakaikannya kepada pengendara yang tidak menggunakan helm.

Sedangkan terkait dengan penggunaan knalpot racing, maka Sat Lantas Polres Malra akan mengamankan kendaraan, di kantor. Kemudian akan dilakukan pembinaan khusus bagi pelanggar, katanya.

Apabila dalam pembinaan, pelanggar telah memenuhi syarat penilaian atau sesuai ketentuan berlalulintas, maka kendaraannya akan dikeluarkan, ujarnya.

 

(Daniel Mituduan)