Beranda Lintas Provinsi Wujudkan Pemilu Damai, Polres Kampar Gelar Rapat Sinergitas

Wujudkan Pemilu Damai, Polres Kampar Gelar Rapat Sinergitas

45
0
Loading...

Buktipers.com – Kampar (Riau)

Polres Kampar menggelar rapat sinergitas Operasi Mantap Brata Muara Takus 2018 bersama Forkopimda, KPUD, Bawaslu, Media Massa dan unsur terkait lainnya untuk menciptakan Pemilu Damai tahun 2019 di Kabupaten Kampar di Gedung Serbaguna Polres Kampar pada Kamis pagi (8/11/2018) yang dibuka oleh Wakapolres Kampar Kompol B.E Banjarnahor SIK, MH mewakili Kapolres Kampar

Dalam amanatnya Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH melalui hadir kemudian setelah memimpin acara pemusnahan barang bukti narkoba di ruang data Polres Kampar.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Kampar yang diwakili oleh Kakan Kesbangpol Drs. Jamilus, Ketua KPUD Kampar Yatarullah SAg, M.Hum beserta Komisioner, Ketua Bawaslu Kampar Syawir Abdullah SH beserta anggota, Dandim 0313/ KPR yang diwakili Pasi Intel Kapten Inf. M. Manurung, Danyonif 132/ BS Mayor Inf. Wisyudha Utama SIP, Kajari Kampar diwakili Eka Mulia SH, Ketua PN Bangkinang diwakili Cecep Mustafa SH. 

Baca Juga!  Polsek Tapung Hulu Sosialisasi Rekrutman Calon Anggota Polri di Sekolah

Juga hadir Kalapas Bangkinang Herry Suhasmin MH, Kasatpol PP Kab. Kampar diwakili Mardianto, Pejabat Utama Polres Kampar dan Kapolsek jajaran, sejumlah Pimpinan Organisasi Pers, Pimpinan Parpol, Para Caleg, Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya yang berjumlah sekitar 100 orang. 

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Pembacaan Do’a yang dipandu Bripda Imam Munandar.

Selanjutnya kata sambutan dari Waka Polres Kampar Kompol B.E Banjarnahor SIK, MH mewakili Kapolres Kampar yang menyampaikan, bahwa Rapat Sinergitas ini akan membahas permasalahan yang terjadi terkait dengan pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2019. 

Terkait permasalahan yang timbul selama bulan Oktober 2018 lalu agar dipaparkan oleh Kasat Intelkam untuk didiskusikan bersama guna mencari solusi agar pelaksanaan Pemilu 2019 berlangsung dengan aman, damai dan kondusif. 

Berikutnya penyampaian dari Kasat Intelkam Polres Kampar Akp Edi Junaidi SH yang memaparkan beberapa permasalahan dan kendala yang terjadi selama bulan Oktober 2018 antara lain persoalan konflik tapal batas yang belum selesai dan perekaman data kependudukan warga 5 Desa di Kec. Tapung Hulu.

Baca Juga!  Polres Nias Selatan Laksanakan Upacara Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2018

Berikutnya secara berturut-turut menyampaikan sambutannya yaitu Ketua Bawaslu Kampar Sdr. Syawir Abdullah SH dan Ketua KPUD Kab. Kampar Yatarullah S.Ag, M.Hum.

Pada intinya Ketua Bawaslu dan Ketua KPU Kabupaten Kampar menyampaikan bahwa belum ada kendala berarti hingga pelaksanaan tahapan kampanye saat ini, selain itu koordinasi antar penyelenggara pemilu juga inten dilakukan untuk mencari solusi atas kendala-kendala yang terjadi. 

Sementara itu Kepala Kesbangpol Kab. Kampar Drs. Jamilus yang hadir mewakili Bupati Kampar menyampaikan, apabila ada permaslahan disuatu daerah agar dapat diselesaikan bersama Pemda Kampar dengan melibatkan instansi terkait.

Beberapa perwakilan Parpol dan Caleg yang hadir pada kesempatan ini juga menyampaikan permasalahannya, dan meminta solusi kepada penyelenggara Pemilu serta Pihak Kepolisian.

Baca Juga!  Kurir Sabu Ini Diamankan Polisi  

Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira, SIK MH diawal sambutannya menyampaikan permihonan maaf atas keterlambatan mengikuti Rapat Sinergitas ini dikarenakan adanya kegiatan Pemusnahaan barang bukti sebelum mengikuti rapat ini. 

Lebih lanjut disampaikan Kapolres bahwa Rapat Sinergitas ini akan dilaksanakan secara kontiniu menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 baik ditingkat Forkopimda maupun di wilayah Kecamatan secara bergiliran. 

Kapolres juga meminta kepada peserta pemilu baik caleg maupun parpol untuk selalu menjaga kerukunan dan persatuan, sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan aman, damai dan kondusif.

Selain itu Kapolres juga menyinggung tentang tugas dan peran serta kewenangan aparat Kepolisian dalam penyelenggaraan Pemilu ini, pada intinya kita semua punya tanggung jawab untuk menyukseskan pesta demokrasi ini, ungkapnya. 

Kegiatan rapat sinergitas ini berakhir pada pukul 12.30 Wib yang ditutup dengan sesi foto bersama, seluruh rangkaian acara berlangsung dengan aman dan lancar.(Gustab Marpaung)

Loading...